Sekolah adalah tempat dilakukannya proses belajar mengajar dan menuntut ilmu yang berkualitas. Sekolah merupakan lembaga resmi berbasis pendidikan formal dan mewajibkan peserta didiknya untuk menggunakan seragam sesuai yang telah ditentukan.

alasan wajib pakai seragam sekolah sd smp sma pramuka indonesia
via idntimes

Sebenarnya ada beberapa negara yang tidak mewajibkan muridnya untuk memakai seragam. Dan berbeda dengan seragam sekolah di negara-negara lain yang unik dan stylish, Indonesia memiliki desain seragam yang sangat sederhana, terkesan sepele dengan desain begitu-begitu saja sejak kemunculannya. Seragam di Indonesia tidak pernah berubah, walaupun telah terjadi banyak perubahan dalam polemik pendidikan.

Lalu mengapa di Indonesia wajib berseragam? Berikut adalah 7 alasan wajib pakai seragam ke sekolah antara lain:

 

1.      Membedakan tingkat

alasan wajib pakai seragam sekolah sd smp sma pramuka indonesia
via kaskus

Seragam sekolah peserta didik di Indonesia berbeda-beda berdasarkan tingkatnya, sehingga dengan seragam akan dengan mudah membedakannya. Tingkatan pendidikan formal di sekolah dimulai dari yang paling dasar yaitu sekolah dasar SD dengan seragam warna putih merah, menengah pertama SMP dengan putih biru, dan menengah atas SMA dengan putih abu-abu.

 

2.      Membentuk kedisiplinan

alasan wajib pakai seragam sekolah sd smp sma pramuka indonesia
via tribunnews

Dengan mengenakan seragam di sekolah setiap hari bertujuan untuk melatih dan membentuk karakter yang disiplin. Sehingga peserta didik bisa mentaati peraturan yang berlaku di sekolah dalam hal pakaian seperti berpakaian rapi  an lengkap contohnya dasi, topi, sepatu, dan kaos kaki. Jika peserta didik berhasil menggunakan seragam setiap hari dengan lengkap dan sesuai aturan tentu akan tertanam sikap disiplin yang terpercaya dan sangat berguna untuk kehidupan masa depannya.

 

3.      Menjadi ciri khas sekolah

alasan wajib pakai seragam sekolah sd smp sma pramuka indonesia
via thisisinsider

Selain seragam yang telah ditentukan oleh pemerintah Indonesia, setiap sekolah juga membuat seragamnya masing-masing. Seragam tersebut dibuat khusus untuk menjadi ciri khas dari sekolah. Seragam khusus tersebut secara langsung akan mencerminkan nama baik dari sekolah, sehingga peserta didik dituntut untuk selalu berperilaku baik saat mengenakannya dan tidak membuat nama sekolah dari seragam yang dikenakan menjadi buruk pada masyarakat.

 

4.      Tidak membeda-bedakan

Seragam sekolah diciptakan untuk membuat sama seluruh murid dalam segi pakaian, sehingga tidak ada yang dibeda-bedakan. Hal tersebut beralaskan karena tidak ingin ada peserta didik yang minder karena tidak memakai pakaian bagus ke sekolah seperti peserta didik lain yang mampu. Sehingga membuat peserta didik menjadi rendah diri karena pakaian yang sederhana. Dengan adanya seragam tidak membeda-bedakan peserta didik yang berasal dari keluarga mampu atau tidak mampu.



 

5.      Meningkatkan rasa persatuan

Fungsi positif lainnya dari wajibnya mengenakan seragam di sekolah adalah meningkatkan rasa persatuan dalam berbangsa. Contohnya dengan sama-sama mengenakan seragam putih abu-abu, semua peserta didik merasa satu kelompok meskipun berbeda asal sekolah.

6.      Memberikan rasa nyaman

Yang paling penting dalam melakukan kegiatan adalah adanya kenyamanan. Seragam dibuat dengan modal dan desain yang sangat sederhana sehingga sangat nyaman dikenakan saat proses belajar mengajar berlangsung.

 

7.      Menanamkan sifat profesionalisme

alasan wajib pakai seragam sekolah sd smp sma pramuka indonesia

via kapanlagi

Dengan diwaibkan menggunakan seragam, secara tidak langsung peserta didik telah diperkenalkan dalam dunia pekerjaan. Hal tersebut karena banyak instansi atau lembaga di Indonesia yang mewajibkan pekerjanya untuk mengenakan seragam. Sehingga membuat peserta didik tidak kaget saat memasuki dunia kerja.

Keseragaman pakaian untuk bersekolah di Indonesia memang sudah ada sejak zaman penjajahan oleh Jepang. Hal tersebut karena penjajah memang terkenal dengan orang-orang yang sangat disiplin, meskipun pada zaman tersebut warna untuk setipa tingkat pendidikan belum ditentukan.

Pada zaman pemerintahan Soeharto barulah warna seragam sekolah ditetapkan berdasarkan tingkat pendidikan. Untuk sekolah dasar pilih warna putih merah yang berarti sama dengan bendera Indonesia yaitu berenergi dan semangat yang tinggi. Sedangkan tingkat menengah pertama dipilih warna putih biru yang diartikan mampu meningkatkan rasa percaya diri dan sifat mandiri. Dan untuk tingkat menengah atas diwajibkan menggunakan warna putih dan abu-abu sebagai lambang ketenangan dan kedewasaan. Usia di pendidikan menengah atas adalah usia peralihan dari remaja menuju dewasa, sehingga sangat dibutuhkan sikap tenang dan dewasa. Dengan adanya seragam membuat kesetaraan bagi semua peserta didik tanpa adanya perbedaan baik dari segi fisik, status sosial, dan lain-lain. Sehingga semua orang mendapatkan haknya dan harus melakukan kewajiban yang sama di sekolah.

 


Cek media sosial kami

Twitter : @permanaseragam

Youtube : Seragam Permana

Instagram @seragampermana

TELP / WHATSAPP 0878-5202-2377 ( Pak Adit )

INGAT SERAGAM SEKOLAH, INGAT SERAGAM PERMANA

Klik tombol dibawah untuk pemesanan