Liburan panjang memang sangat menyenangkan terutama jika kita pergi berlibur bersama keluarga atau teman. Bagi yang memiliki kendaraan pribadi, tentunya lebih memilih memakai kendaraan mereka sendiri dan mengajak serta keluarga atau temannya ikut berlibur ke tujuan yang mereka inginkan. Berlibur menggunakan kendaraan pribadi beramai – ramai tentu sangat menyenangkan. Kita bisa bebas pergi kapan pun dan kemana pun sesuai keinginan kita, tidak seperti kalau kita ikut travel yang kita mengikuti jadwal dari travel itu sendiri.

via www.socialnewsdaily.com

 

Libur panjang di Indonesia biasanya dilakukan saat momen – momen tertentu seperti saat libur lebaran, libur natal serta tahun baru. Momen liburan ini sangat kurang jika tidak dimanfaatkan libur bareng keluarga atau teman, atau bisa juga mengunjungi keluarga kita yang ada di desa. Apalagi saat ini bagi kawan yang tinggal di pulau Jawa, akses tol Trans Jawa dari Jakarta – Surabaya telah tersambung. Sehingga sangat memudahkan kita yang ingin berlibur menggunakan kendaraan pribadi kita.

Namun, berkendara ratusan kilometer dalam satu waktu itu ternyata tidak mudah. Ini karena dalam mengemudi, kita dituntut selalu fokus sementara untuk menempuh perjalan jauh hingga ratusan kilometer dibutuhkan waktu hingga berjam-jam. Bagi kawan yang menyetir mobil sendiri, mungkin ini terasa melelahkan namun kita tetap dituntut waspada ketika di jalan. Tidak fokus dijalan dapat berakibat fatal bagi kita dan pengendara lainnya.

via www.pexels.com

 

Jadi, bagaimana cara agar kita aman dan nyaman saat mengemudi jarak jauh ?

Coba simak tips yang kami kumpulkan dibawah :

  • Pastikan Sudah Cukup Tidur

via www.pexels.com

 

Karena kita berencana untuk jalan jauh, sebaiknya siapkan waktu istirahat kita sebelum berangkat. Saat kita di jalan tentu kita dituntut untuk fokus ketika menyetir dan pastinya agar kita bisa tetap fokus selama perjalanan yaitu istirahat yang cukup.

 

  • Bawalah bekal dan obat – obatan

Keperluan ini tidak hanya untuk kalian yang menyetir, namun juga untuk penumpang yang lain juga. Jika kalian melakukan perjalanan jauh pastikan membawa bekal selama di perjalanan seperti makanan ringan atau roti. Serta siapkan obat – obatan yang diperlukan jika perlu. Tentu anda tidak mau kan selama perjalanan tiba – tiba merasa tidak enak badan namun anda tidak membawa obat sama sekali untuk mengobatinya.

 

  • Pastikan Kondisi kendaraan Sehat

via www.pexels.com

 

Ini adalah salah satu faktor yang penting juga sebelum kita ingin pergi berlibur. Selalu pastikan kondisi kendaraan pribadi anda dalam keadaan sehat sebelum berangkat. Tentu akan sangat merepotkan dan melelahkan jika di tengah jalan tiba – tiba kendaraan anda mengalami mogok atau bermasalah di jalan. Jika anda tidak mengerti sama sekali masalah mobil, sebaiknya anda atur jadwal ke bengkel mobil langganan anda untuk melakukan check up demi memastikan kondisi kendaraan anda.

 

  • Bawalah Barang Secukupnya

via www.wheelsforwomen.co.uk

 

Bawalah barang secukupnya dan yang diperlukan saja seperti baju ganti, seragam keluarga besar, oleh – oleh, dan lain – lain. Karena jika kita membawa barang berlebihan dan overload, tentu akan berpengaruh ke performa mesin kendaraan kita. Semakin banyak barang yang kita bawa, mesin akan bekerja lebih keras dan tentunya pengaruh ke awetnya mesin. Jadi cukup bawa baju atau mungkin jika ada seragam untuk keluaga secukunya saja, serta oleh – oleh untuk teman atau keluarga di tempat kita tuju secukupnya saja. Tidak perlu baju 1 lemari baju kalian dibawa semua ya kawan ! 😀

 

  • Beri Waktu Istirahat

Perjalanan jauh tentu akan sangat melelahkan. Tidak hanya bagi kalian yang menyetir maupun penumpangnya. Istirahat di rest area atau di pom bensin terdekat sangat dianjurkan. Carilah tempat yang aman untuk istirahat sebentar sebelum melanjutkan perjalanan.

Saat yang pas untuk istirahat menurut pengalaman kami adalah per 2 jam melakukan perjalanan. Istirahatlah 10 – 15 menit untuk meregangkan badan serta mengistirahatkan mesin kendaraan anda agar lebih awet. Jangan lupa juga cek selalu kondisi kendaraan anda ketika istirahat.

 

  • Pastikan Saldo E-Toll Cukup

via www.tribunnews.com

 

Jika kalian liburan menggunakan jalan tol, sangat penting untuk selalu cek saldo e-toll kalian. Kalian bisa cek di minimarket terdekat seperti indomaret atau alfamart untuk cek sisa berapa saldo kalian, Jika kalian merasa kurang, bisa langsung di isi di minimarket tersebut. Tentu anda juga tidak mau kan ketika ingin membayar tol saldo anda kurang dan pinjam e-toll pengendara lain.

 

  • Pastikan Ban Serep Tidak Bocor

via www.youtube.com

 

Ini salah satu hal yang sangat penting yang harus kita cek sebelum melakukan perjalanan jauh. Kita tidak pernah tau kapan kita ban kita bocor atau tidak. Sebaiknya siapkan ban serep yang tidak bocor serta peralatan dongkrak standart pabriknya. Jika kita mengalami ban bocor sewaktu – waktu, kita dapat mengganti sendiri ban kita.

 

  • Pastikan Isi Bensin

via www.fool.com

 

Bensin adalah faktor yang sangat penting bagi kendaraan kita. Tanpa bensin, kendaraan kita tidak akan bisa jalan. Jangan biasakan mengisi bensin ketika level bensin sudah mendekati indikator E, terutama ketika kita di daerah yang jarang sekali ada pom bensin. Jadi sebaiknya selalu isi penuh bensin kita ketika berlibur untuk menjaga ketenangan saat berlibur dengan keluarga atau teman kalian.

 

Jadi itu lah sedikit tips yang kami kumpulkan agar perjalanan liburan kalian lebih aman dan nyaman. Mungkin ada tambahan lain atau ada cerita mengenai perjalanan anda ? Coba share di kolom komentar di bawah 😀

 

Cek media sosial kami

Twitter : @permanaseragam

Youtube : Seragam Permana

Instagram @seragampermana

TELP / WHATSAPP 0878-5202-2377

INGAT SERAGAM SEKOLAH, INGAT SERAGAM PERMANA

Klik tombol dibawah untuk pemesanan