Ketika baju atau seragam kesayangan anda terkena noda cat, tentu akan sangat merepotkan jika ingin membersihkannya. Terutama ketika kita ingin mengecat rumah, tentu noda cat akan mudah menempel di baju kita. Namun biasanya ketika kita sedang mengecat tembok rumah, pasti kita lebih memilih menggunakan baju bekas atau baju yang sudah tidak terpakai. Karena jika terkena cipratan cat, baju tinggal dibuang tidak perlu repot untuk berusaha mencucinya hingga bersih. Namun sering kali di rumah stok baju bekas kita atau baju yang tidak terpakai tidak ada, sehingga dengan sangat terpaksa memakai baju yang masih bagus untuk mengecat. Sangat sulit untuk menjaga baju kita terhindar dari noda cat karena cipratan cat yang tanpa kita sadari bisa mengenai baju kita.

via www.goodhousekeeping.com

Dan apabila anda telah memiliki anak dan sedang menemaninya membuat prakarya dengan media cat, tentu noda dari cat tidak bisa dihindari. Malah mungkin noda cat dapat tersebar di baju anak anda karena mereka belum terlalu mengerti tentang pentingnya kerapihan dan kebersihan. Lalu, apa yang dapat kita lakukan sebagai orang tua ? Jika baju yang dipakai anak anda adalah baju yang bekas atau baju yang sudah tidak terpakai mungkin ada dapat langsung membuangnya. Namun bagaimana jika itu adalah baju kesayangan anak anda ? Tentu anda harus bisa mencuci baju tersebut.

via www.youtube.com

Mencuci baju yang terkena noda cat butuh kesabaran. Langkah-langkahnya tidak sulit dan bahan yang diperlukan pun mudah di dapat. Yang Anda perlukan hanya ketelatenan dan kesabaran untuk memulainya. Untuk mencuci baju yang terkena noda cat anda dapat menggunakan bahan berikut :

  • Air
  • Tisu
  • Pisau atau Sendok
  • Detergen
  • Detergen
  • Sabun Cuci Piring
  • Cuka

Langkah pencuciannya adalah :

  • Bertindaklah cepat

Jika baju kalian terkena cipratan noda cat, secepat mungkin segera bilas dengan air agar noda cat tidak cepat mengering. Atau jika anda membawa tisu cukup basahkan tisu anda lalu lap secara perlahan di bagian yang terkena noda cat. Semakin cepat anda membilas noda cat di baju anda, kemungkinan noda cat hilang semakin besar. Karena noda cat yang masih basah lebih mudah dihilangkan dengan air dibanding nida cat yang telah mengering.

via http://nastoneparrots.club

  • Kikis cat dengan sendok atau pisau

Jika noda cat telah mengering di baju anda, kikislah noda cat tersebut secara perlahan dengan menggunakan sendok atau pisau. Tidak perlu melakukannya dengan sekuat tenaga karena dikhawatirkan dapat merusak baju kesayangan anda.

  • Gunakan detergen

Jika noda cat yang telah mengering tetap menempel di baju anda, coba gunakan detergen. Usahakan menggunakan detergen cair, karena konsentrasinya lebih bagus dibanding dengan detergen bubuk untuk masalah ini. Tuang detergen cair pada baju yang terkena noda, lalu rendam dengan air hangat selama setengah jam. Setelah itu, kucek baju Anda menggunakan tangan atau spons lembut. Finishing-nya, cuci kembali baju Anda di mesin cuci seperti biasa.

  • Gunakan alkohol

Alkohol merupakan lawannya cat yang paling ampuh. Tentu saja alkohol dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan cat di baju dengan mudah. Jenis alkohol yang bisa Anda gunakan bermacam-macam, mulai dari aseton atau cairan yang bisa untuk membersihkan kutek, pembersih cat/thinner, larutan isoprofil, hingga alkohol murni. Semua jenis alkohol dapat anda gunakan, asal alkohol bening bukan yang berwarna. Tuangkan alkohol secukupnya pada area baju yang terkena noda, diamkan sebentar, lalu gosok noda tersebut menggunakan kain/handuk lembut. Ulangi langkah tersebut hingga cat terangkat sempurna. Setelah itu, bilas baju Anda dengan air hangat, cuci seperti biasa, lalu jemur. Jangan lupa menggunakan masker hidung atau mulut karena bau alkohol dapat mengganggu pernafasan kalian.

via www.wikihow.com

  • Gunakan sabun cuci piring

Jika anda tidak mempunyai bahan seperti alkohol, anda bisa mencoba mencucinya terlebih dahulu menggunakan sabun cuci piring. Ternyat sabun cuci piring juga dapat membantu mengangkat noda cat, meski memang alkohol masih bahan terbaik untuk melawan cat. Caranya adalah tuang sabun cuci piring ke bagia baju yang terkena noda. Setelah itu rendam baju dengan menggunakan air hangat dan caira pencuci baju selama beberapa saat. Biasanya cat akan luntur dengan sendirinya jika menggunakan perpaduan larutan ini. Namun jika masih ada sisa  cat yang menempel, coba oleskan lagi sabun cuci piring secukupnya pada bagian yang terkena noda cat, lalu sikat perlahan bagian itu dengan menggunakan sikat gigi bekas.

  • Gunakan cuka

Rendam bagian baju Anda yang terkena noda cat menggunakan air dingin hingga basah semua bagian. Sambil menunggu baju terendam, siapkan lap bebas serat (lint free cloth), amonia, cuka putih, garam, sendok dan mangkuk. Di dalam mangkuk tersebut, campurkanlah 240 ml amonia, 240 ml cuka putih dan segenggam garam, lalu aduk menggunakan sendok hingga larutan tercampur. Setelah larutan jadi, angkat pakaian Anda, lalu peras untuk menghilangkan air yang menetes. Lap bebas serat akan digunakan sekarang. Celupkan lap tersebut pada larutan amonia tadi, lalu gosok noda cat menggunakan lap tersebut. Jika tidak ada lap sejenis, Anda bisa juga menggunakan spons. Jika dirasa nodanya sudah terangkat, bilas dengan air. Setelah dibilas, maka akan terlihat jelas apakah noda tersebut sudah terangkat sempurna atau belum. Ulangi proses di atas jika masih ada noda yang tersisa. Lalu, jangan lupa cuci lagi baju Anda di mesin cuci seperti biasa.

 

Demikian cara untuk mencuci baju atau seragam kesayangan anda  yang terkena noda cat. Selamat mencoba!

 

Cek media sosial kami

Twitter : @permanaseragam

Youtube : Seragam Permana

Instagram @seragampermana

TELP / WHATSAPP 0878-5202-2377 ( Pak Adit )

INGAT SERAGAM SEKOLAH, INGAT SERAGAM PERMANA

Klik tombol dibawah untuk pemesanan