Musim panas adalah bisa menjadi musuh bagi sebagian orang. Tidak hanya karena sengatan matahari yang dapat merusak kulit dan membuat kulit menjadi menghitam karena sengatannya. Namun efek panas juga dapat membuat kita berkeringat dan jika keringat tersebut berlebih, tentu kita akan merasa tidak nyaman apalagi jika pakaian atau seragam kita memiliki bahan yang tidak mudah menyerap keringat. Ada sebagian orang yang memilikit sifat keringat berlebih, tentu itu sangat tidak nyaman. Ketika kita berkeringat secara berlebihan, efek selanjutnya ke baju kesayangan kita adalah keringat tersebut dapat meninggalkan noda kuning pada baju terutama pada baju berwarna putih.

Mengapa demikian? Karena keringat mengandung senyawa urea yang bereaksi dengan garam, menciptakan noda kuning membandel tersebut. Dan ternyata, campuran dari keringat dan deodoran yang Anda gunakan untuk menghilangkan bau keringat justru membuatnya lebih buruk. Justru campuran ini dapat membuat warna kuning semakin terlihat terutama di bagian ketiak anda ketika berkeringat. Tentu hal ini pasti akan membuat anda sangat tidak nyaman terutama ketika anda sedang pergi jalan – jalan bersama teman anda.

via www.pexels.com

 

Penyebab noda kuning pada baju diantaranya :

  • Keringat

Keringat mengandung minyak, garam, dan protein di dalamnya. Kandungan di dalam keringat inilah yang dapat meninggalkan noda kuning di baju. Misalnya, noda kuning di kerah baju umumnya disebabkan karena produksi berlebih yang area leher dan tengkuk. Selain itu, keringat juga dapat menumpuk di daerah ketiak.

Jika baju tersebut digunakan berkali-kali dan tidak segera dicuci, maka noda kuning akan tertinggal pada kerah baju atau bagian lainnya dan sangat sulit dihilangkan dengan cara mencuci menggunakan deterjen saja.

via www.wikihow.com

 

  • Deodoran

Ketika kita memakai deodoran dan tercampur dengan keringat kita, bahan yang terkandung dalam deodoran akan membuat noda kuning terutama di pakaian atau seragam kita yang berwarna putih serta cerah. Mengapa bisa begitu ? karena deodoran memiliki kandungan zat asam yang tentu dapat menyebabkan noda kuning. Itu sebabnya ketika bahan deodoran tercampur oleh keringat yang juga terdapat kandungan zat asam, kedua bahan tersebut dapat membuat noda kuning yang pekat terutama di daerah ketiak. Jika kalian telah melihat tanda noda kuning di baju anda, segeralah cuci menggunakan detergen agar noda kuning tidak menempel dan susah untuk di cuci.

 

  • Pemutih yang tidak sesuai

Ketika anda melihat noda kuning di baju anda, tentu yang pertama ada di pikiran anda adalah menghilangkan noda kuning tersebut menggunakan pemutih. Mencuci menggunakan pemutih tentu dengan harapan noda kuning cepat hilang dan pakaian anda kembali putih bersinar lagi. Alih-alih dapat menghilangkan noda kuning di baju, salah memilih pemutih pakaian justru akan membuat baju tampak kuning di semua bagian.

Jika anda memakai pemutih yang memiliki bahan dasar dari klorin, maka pemutih tersebut hanya cocok untuk baju anda dengan bahan katun, rayon, dan polyester. Namun jika anda menggunakan pemutih yang mengandung oksigen, anda bisa menggunakannya pada baju berbahan linen dan katun. Anda juga wajib untuk tahu bahan apa yang terdapat di pemutih yang ada pakai agar tidak membuat noda kuning meluas di semua bagian baju atau seragam anda. Hindarilah penggunaan pemutih yang berlebih agar serat pakaian serta warna dari baju anda terjaga. Karena kandungan dari pemutih sangat keras, dan jika anda memakainya berlebihan tentu akan merusak pakaian anda.

 

  • Tempat lembab

Untuk masalah penyimpanan pakaian anda, tentu ini juga sangat berpengaruh. Salah satu penyebab adanya noda kuning di baju adalah tempat penyimpanan yang kurang baik. Jika Anda menyimpan baju di tempat yang lembab, maka baju dapat berjamur dan kekuningan. Selain itu, aroma baju juga menjadi tidak sedap. Seperti yang anda tahu di bahwa jamur sangat suka di tempat yang lembab. Dan jika anda tidak memperhatikan ini, noda kuning dapat muncul secara tiba – tiba di tempat penyimpanan anda yang lembab.

Kebiasaan menumpuk baju kotor dan tidak segera dicuci juga bisa mengubah warna baju, terutama baju putih, menjadi tampak kekuningan. Jadi, sesegeralah mungkin mencuci pakaian kotor anda yang telah menumpuk terutama jika terdapat pakaian kotor menumpuk yang bayak keringat. Karena hal itu akan menyebarkan noda kuning ke baju anda yang lain. Tentu anda tidak mau kan baju anda tersebar noda kuning

via www.wikipedia.org

 

Bagaimana cara untuk mencuci pakaian atau seragam kita yang telah terlanjur terkena noda kuning ? Simak ulasan kami berikut ini :

 

  • Gunakanlah Air Hangat

Untuk awal cobalah buat air hangat untuk merendam pakaian anda. Cukup air hangat ya bukan air panas ya kawan ! Air hangat memiliki kemampuan dapat membuat larutan yang dicampur ke dalamnya lebih cepat larut dan bereaksi. Jadi, sangat tepat untuk menghilangkan noda kuning pada baju berwarna. Anda bisa menghilangkan noda kuning tersebut dengan mencampur air hangat dengan beberapa bahan di bawah ini.

via www.pexels.com

 

  • Detergen

Sambil menggunakan air hangat untuk merendam pakaian anda, cobalah untuk menggosok daerah noda kuning dengan menggunakan detergen pilihan anda seperti contoh rinso atau molto dengan menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Gosok lah secara perlahan dan memutar agar tidak merusak serat kain dan warna dari pakaian kesayangan anda.

 

  • Larutan Cuka

Larutan cuka tidak hanya sebagai penyedap rasa pada makanan. Tetapi bisa juga digunakan untuk menghilangkan noda kuning di baju. Jika noda kuning tetap membandel di pakaian anda, caranya adalah tuangkanlah beberapa sendok larutan cuka ke dalam ember berisi air bersih secukupnya. Kemudian rendamlah baju yang terkena noda kuning ke dalamnya selama kurang lebih 1 jam. Lalu kucek hingga noda kuning tepat hilang. Selanjutnya bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal, cucilah menggunakan detergen.

 

  • Baking Soda

Baking soda memang dikenal sebagai penghilang berbagai jenis noda. Termasuk noda kuning pada baju berwarna. Caranya, larutkan baking soda secukupnya ke dalam air bersih. Oleskan pula pasta baking soda pada titik noda kuning di baju. Lalu masukkan baju tersebut ke dalamnya dan diamkan selama semalaman. Keesokan harinya, dikucek hingga bersih dan bilaslah dengan air bersih beberapa kali kemudian cuci dengan detergen hingga bersih.

 

  • Sabun Cuci Piring

Biasanya ibu-ibu rumah tangga menyimpan sabun cuci piring untuk mencuci peralatan makan. Sabun cuci piring ini berbentuk cair yang mampu menghilangkan lemak pada peralatan makan hingga kesat dan mengkilap setelah dicuci. Jika Anda tidak memiliki larutan cuka atau baking soda, Anda dapat menggunakan sabun cuci piring untuk menghilangkan noda kuning di baju. Oleskan sabun cuci piring pada bagian yang terkena noda kuning tersebut, lalu gosok ringan-ringan dengan sikat gigi bekas atau sejenisnya. Selanjutnya dibilas dengan air bersih.

 

Itulah beberapa cara menghilangkan noda kuning di baju berwarna yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahan-bahan di atas termasuk dalam kategori yang mudah didapatkan dan harganya pun terjangkau. Sangat pas untuk ibu rumah tangga atau anak kosan. Bisa juga diterapkan pada usaha binatu atau laundry Anda. Pastikan Anda memahami setiap langkah di atas sebelum mempraktekkannya pada baju Anda. Semoga berhasil! Selamat mencuci kawan !!

via www.pexels.com

 

Cek media sosial kami

Twitter : @permanaseragam

Youtube : Seragam Permana

Instagram @seragampermana

TELP / WHATSAPP 0878-5202-2377 ( Pak Adit )

INGAT SERAGAM SEKOLAH, INGAT SERAGAM PERMANA

Klik tombol dibawah untuk pemesanan