Seragam sekolah, tidak hanya berfungsi sebagai alat identifikasi tetapi juga membantu menghindari perbedaan sosial ekonomi yang ada diantara siswa, rasa kebanggaan terhadap sekolah dan rasa kebersamaan. Penggunaan seragam sekolah merupakan bagian dari solusi untuk menghilangkan kelas sosial atau preferensi pribadi diantara siswa. Seragam menjadi bagian penting dari siswa, dengan menggunakan seragam sekolah, interaksi yang lebih baik antar siswa dapat tercapai, penggunaan seragam dapat menciptakan rasa persatuan, dan tidak membuat seseorang lebih menonjol dari yang lain.

kain seragam sekolah sd smp sma berkualitas dan terpercaya

Via hai-online

Sejarah Singkat Seragam Sekolah

Seragam sekolah lahir di Eropa pada akhir abad ke-19 sebagai seragam sekolah menengah. Seragam sekolah berkembang di Inggris dan di Perancis, dan kemudian meluas ke Amerika. Seragam sekolah muncul terutama di sekolah-sekolah yang dikelola oleh Agama Katolik. Tujuannya adalah untuk membuat pakaian yang unik bagi siswa, mendorong kerendahan hati pada anak-anak dan tidak membuat perbedaan di antara mereka dalam hal berpakaian, juga untuk menghindari perbedaan ekonomi keluarga.

Seragam sekolah pertama disebut dengan Kaunake, yaitu jenis rok yang terbuat dari kulit binatang. Satu setengah abad setelah penciptaannya, seragam sekolah terus menjadi bahan perdebatan. Meskipun penggunaannya tidak tersebar luas di ruang kelas, namun banyak Sekolah Swasta (yang kebanyakan dari mereka beragama Katolik) menggunakan seragam sekolah secara rutin. Para pemuka agama mengatakan bahwa seragam mendukung disiplin, kepatuhan dan konsentrasi yang mendemokratisasi anak-anak.

 

Seragam Sekolah Melatih Disiplin Yang Baik

Banyak yang berpikir bahwa seragam sekolah membantu menjaga disiplin sekolah. Meskipun beberapa orang tua menentang adanya seragam sekolah, dan mengatakan bahwa seragam sekolah menekan kepribadian anak-anak. Menurut orang tua yang menentang penggunaan seragam, seragam sekolah menghambat kreativitas dan kebebasan berekspresi, dan memaksa siswa untuk mematuhi aturan tertentu.

Di sisi lain, orang tua dan pendidik lain berpendapat bahwa program akademik yang mendorong siswa untuk mengikuti pemikiran individu jauh lebih penting daripada pakaian yang mereka kenakan. Poin yang sangat penting dimana sekolah memilih untuk menggunakan seragam adalah, karena siswa yang meninggalkan sekolah tanpa izin dapat ditemukan dengan cara yang lebih mudah.

memilih seragam sekolah berkualitas dan terpercaya

via takaitu

Mencegah Bullying

Dalam proses penyeragaman, ada dua aspek dasar yang menonjol: penghematan ekonomi dan menghindari perbedaan sosial ekonomi. Banyak orang tua percaya bahwa seragam sekolah membuat anak-anak berpenampilan lebih rapi. Selain itu, mengenakan seragam memastikan bahwa anak-anak akan pergi ke sekolah dengan pakaian yang tepat dan dapat terhindar dari bullying dari siswa lain.

Seragam sekolah juga dapat mengurangi kekerasan di kalangan siswa. Banyak anak sekolah mendapat bullying. Seringkali, sumber dari kasus ini adalah dari pakaian yang mereka kenakan. Beberapa anak mengolok-olok mereka yang tidak mengenakan pakaian modis. Selain itu, mereka yang tidak mampu membeli pakaian mahal atau mode terbaru seringkali sensitif dengan pakaian yang mereka kenakan. Penggunaan seragam sekolah dapat menghindari konflik antara anak-anak karena semua siswa berpakaian sama.

Menghemat Pengeluaran Bagi Orang Tua

Meskipun membeli seragam sekolah biasanya lebih mahal daripada membeli pakaian sehari-hari di sebuah department store, banyak orang tua berpendapat bahwa pembelian seragam sekolah ternyata lebih murah daripada membeli pakaian lain yang bermerek atau trendi. Sekolah berpendapat bahwa seragam sekolah lebih murah daripada pakaian bermerek, dan lebih tahan lama.

Seragam sekolah yang berkualitas biasanya dibuat dengan bahan terbaik yang tahan lama dan mudah untuk dicuci, karena ini adalah pakaian yang membutuhkan pencucian yang konstan. Menurut sebuah studi terpercaya tahun 2008, penggunaan seragam sekolah dapat menghemat sekitar 40% dalam pengeluaran pakaian bagi orang tua. Bahkan beberapa sekolah telah mengadakan program gratis seragam sekolah untuk siswa dengan kriteria tertentu.

Semangat Sekolah

Seragam diciptakan untuk melambangkan warna, nama, tradisi dan simbol sekolah, sehingga siswa yang berseragam harus memiliki perilaku teladan untuk menjaga nama baik sekolah, bahkan meskipun sudah berada diluar lingkungan sekolah.  Penggunaan seragam mencegah siswa dari mengenakan pakaian yang tidak pantas. Beberapa orang tua dan guru merasa bahwa mengenakan seragam sekolah menanamkan siswa dengan rasa kebanggaan khusus untuk menjadi bagian dari sekolah. Selain itu seragam membantu meningkatkan nilai siswa, karena meningkatkan konsentrasi mereka dengan menciptakan lingkungan yang lebih formal dan akademik.

sejarah seragam sekolah permana indonesia sd smp sma

via litbang.kemendagri.go.id

Cek media sosial kami

Twitter : @permanaseragam

Youtube : Seragam Permana

Instagram @seragamperm

TELP / WHATSAPP 0878-5202-2377 ( Pak Adit )

INGAT SERAGAM SEKOLAH, INGAT SERAGAM PERMANA

Klik tombol dibawah untuk pemesanan