Saat kita berlibur terutama dalam jangka waktu yang lama, kegiatan mencuci pakaian yang kita bawa mungkin akan kita lakukan. Terutama jika kita berlibur dengan membawa pakaian yang sedikit dan liburan ala ransel tentu mencuci pakaian saat sedang liburan adalah hal yang wajib. Jika kita punya uang lebih bisa juga tinggal menitipkan pakaian kotor kita ke laundry terdekat atau bisa juga dengan membeli pakaian baru di tempat kita liburan.

via www.pexels.com

 

Apa saja yang perlu disiapkan :

  • Deterjen

Saat kalian ingin berlibur dengan waktu yang panjang, cobalah untuk membawa deterjen dalam kemasan kecil. Saat ini ukuran deterjen juga cukup kecil dan mudah dicari di warung terdekat. Tidak perlu membawa deterjen dengan kemasan yang besar karena tentu akan memakan tempat di koper atau ransel kalian.

Bawalah detergen bubuk karena lebih efisien dibanding dengan deterjen cair. Selain itu juga untuk meminimalisir resiko tumpah saat dibawa di dalam koper atau ransel kalian. Apalagi jika deterjen cair yang anda bawa tiba – tiba tumpah, tentu akan sangat merepotkan ketika kalian sedang liburan.Bisa kalian cari deterjen Rinso atau Molto yang mudah dicari hingga warung kecil.

 

  • Sabun hotel

Jika kalian berlibur dan menginap di hotel, kalian bisa gunakan sabun hotel untuk mencuci baju kotor kalian jika tidak membawa deterjen. Sabun hotel bisa digunakan untuk mencuci terutama untuk mencuci pakaian dalam kalian. Bahannya lembut sehingga tidak merusak kain, namun cukup efektif untuk membersihkan pakaian kalian yang kotor.

 

  • Hanger baju

Bawalah hanger dengan ukuran kecil untuk menjemur baju anda setelah di cuci. Saat ini juga sudah tersedia hanger portable yang sudah banyak dijual di berbagai toko online. Ukurannya yang kecil tentu memudahkan anda untuk membawa hanger portable ini dimanapun.

Namun jika anda menginap di hotel, biasanya hotel jaman sekarang menyediakan gantungan untuk baju yang anda cuci sendiri di kamar mandi berbentuk seperti tali. Tapi perlu di ingat, tidak semua hotel menyediakan gantungan berbentuk tali ini di kamar mandinya.

 

 

Meski terasa merepotkan, kegiatan mencuci saat liburan tidak susah kok, begini tipsnya :

  • Cuci baju tipis di wastafel

Pakaian dengan bahan tipis menjadi favorti dalam daftar barang yang wajib dibawa saat kita travelling. Selain karena meringankan tas, pakaian dengan bahan tipis juga sangat mudah untuk dicuci dan lebih cepat kering saat proses penjemuran. Jika ditempat penginapan kalian terdapat wastafel, gunakan wastafel tersebut untuk mencuci baju tipis kalian. Hal ini juga berlaku untuk pakaian dalam kalian. Lalu cuci lah dengan menggunakan sabun hotel atau deterjen jika kalian bawa, dan kucek baju kalian dengan perlahan tidak perlu dengan kekuatan penuh.

via www.youtube.com

 

  • Rendam pakaian kotor di wastafel

Jika liburan kalian sangat padat dan banyak dilakukan di outdoor, kemungkinan pakaian anda akan sangat kotor. Jika pakaian anda sangat kotor saat kembali ke penginapan, jangan kuatir. Cukup rendam pakaian kotor anda di wastafel agar noda terangkat. Proses perendaman lebih baik pakai air hangat jika ada, hal itu berguna untuk mengangkat noda kotoran yang ada dibaju anda terangkat maksimal. Campurkan juga sedikit sabun atau deterjen ketika proses perendaman pakaian anda yang sangat kotor. Tunggu sekitar 15 menit lalu kucek pakaian anda dengan perlahan, bilas, dan siap untuk dijemur.

 

  • Kucek di kamar mandi

Jika ketika liburan celana atau bahan jeans anda kotor dan anda hanya membawa satu pakaian tersebut, bisa kok dicuci untuk mengurangi noda kotornya. Caranya sama seperti diatas, rendam lah dulu di wastafel dan sebisa mungkin menggunakan air hangat agar noda kotor lebih cepat terangkat. Setelah direndam, kucek lah di lantai kamar mandi. Carilah daerah lantai yang kasar dan tidak licin. Karena mengucek pakaian di lantai yang kasar dapat membantu menghilangkan kotoran lebih baik.

 

  • Jemur di kamar mandi dengan lampu menyala

Di sebagian penginapan, biasanya mereka menyediakan gantungan baju seperti tali panjang yang biasanya terletak di kamar mandi. Jika kalian ingin menjemur pakaian kalian di kamar mandi, jemurlah pakaian dengan lampu menyala serta exhaust menyala. Kenapa seperti itu ? Karena lampu kamar mandi yang menyala dapat menyebabkan panas yang dapat membantu proses pengeringan. Sedangkan exhaust menyala juga dapat membantu mengurangi lembab basah dari pakaian yang sedang dijemur. Sehingga itu sangat membantu saat proses pengeringan meskipun memang masih lebih lama dibanding dengan penjemuran langsung dibawah sinar matahari.

 

  • Keringkan dengan hairdryer

Jika anda benar – benar kehabisan baju dan terburu – buru ingin memakain pakaian yang anda baru cuci, coba bantu proses pengeringan baju menggunakan fasilitas hairdryer yang ada di hotel. Setelah dicuci, peras pakaian kalian hingga benar – benar kering, lalu diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, gunakan lah hairdryer untuk proses pengeringan pakaian kalian lebih cepat.

via www.pexels.com

 

Demikian tips singkat ketika kalian ingin mencuci pakaian saat liburan. Harapannya adalah ketika kita berlibur, kita bisa berlibur dengan baju di badan yang senantiasa bersih dan wangi. Selamat mencoba !!

 

Cek media sosial kami

Twitter : @permanaseragam

Youtube : Seragam Permana

Instagram : @seragampermana

TELP / WHATSAPP 0878-5202-2377 ( Pak Adit )

INGAT SERAGAM SEKOLAH, INGAT SERAGAM PERMANA

Klik tombol dibawah untuk pemesanan